Translate Tools

Minggu, 23 Oktober 2016

SISTEM OPERASI LINUX MINT + Download


Selamat siang guyss. Gw kali ini akan mempublikasikan apa itu Sistem Operasi Linux Mint. Mungkin bagi agan2 user Sistem Operasi Windows dan Mac asing dengan sistem operasi ini. Yuk langsung saja tanpa basa-basi dibaca apa itu Linux Mint ini.

Linux Mint adalah sebuah distro Linux Live CD yang diturunkan dari distro Ubuntu, dengan tujuan untuk memproduksi sebuah distro dengan desktop yang elegan, up to date, dan nyaman digunakan. Linux Mint didesain untuk berjalan out-of-the-box dengan semua fasilitas yang telah terinstall di dalamnya.

Dirilis pertama kali tanggal 27 Agustus 2006 oleh pencetus proyek Clement Lefebvre. Rilis pertama distro ini kurang mendapat perhatian, karena versinya masih tahap beta dan tidak pernah dirilis dalam versi yang lebih stabil sehingga distro ini kurang dikenal. Setelah kemunculan Linux Mint 2.0 “Barbara” beberapa bulan kemudian, Linux Mint mulai mendapat perhatian dari kalangan komunitas Linux.

Inti dari Linux Mint adalah Ubuntu yang merupakan turunan dari Debian, sehingga aplikasi yang dapat berjalan di Ubuntu, juga bisa berjalan pada Linux Mint. Walaupun inti dari Linux Mint adalah Ubuntu, akan tetapi selama bertahun-tahun Linux Mint hadir dengan tampilan yang berbeda dengan Ubuntu. Dimulai dari versi 2.0 “Barbara”, Linux Mint membangun Codebase sendiri, sehingga untuk setiap rilis terbaru selalu menggunakan versi sebelumnya dari Linux Mint sendiri.

Keuntungan Linux Mint :
  1. Bagi agan2 yang pernah menggunakan sistem operasi Ubuntu pasti tidak asing dengan sistem operasi ini. Mengapa? karena tools2nya kurang-lebih sama dengan Ubuntu.
  2. Untuk menginstall sistem operasi ini cukup terbilang mudah. Untuk agan2 yang ingin mencicipi sistem operasi, download saja Linux Mint di link ini Download OS LINUX MINT 
  3. Space partisi yang dibutuhkan untuk Linux Mint tidaklah besar.
  4. Untuk tampilan tidak begitu asing bagi agan2 pengguna sistem operasi lainnya seperti windows.
  5. Spek PC dan Laptop untuk menjalankan sistem operasi ini tidak harus bagus. Jadi sistem operasi ini masih bisa dijalankan bagi agan2 yang punya PC & Laptop keluaran lama.
Kelemahan Linux Mint :
  1. Hardware resource Linux Mint masih sedikit
  2. Linux Mint versi Cinnamon masih kurang stabil dibandingkan dengan versi MATE.
  3. Linux Mint versi Mate untuk driver bluetooth belum sesempurna versi Cinnamon

Kira-kira itu saja yang ane publikasikan mengenai Linux Mint. Seperti biasa, ane mohon untuk reader yang membaca artikel ini untuk tinggalkan pesan & saran di comment ini agar ane selaku penulis blog ini tetap terus menulis blog ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar